Asmaul Husna

Asmaul Husna

Asmaul husna atau bisa disebut nama paling baik berdasarkan bahasa ismi. Selain itu Asmaul Husna hanya dimiliki oleh Allah SWT, Asmaul Husna sendiri berjumlah 99. Ke 99 nama tersebut merupakan nama nama yang Allah SWT miliki.
Kata Asmaul Husna berasal dari bahasa arab, Al-Asmauu berarti nama nama sedangkan Al-Husnaa berarti nama nama yang baik, yang indah, sedangkan menurut istilah Asmaul Husna adalah nama nama terbaik yang hanya dimiliki  dan hanya layak disandang oleh Allah SWT
Dalam Al-Quran Allah SWT berfirman:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَۖ لَهُ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ
Artinya : Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang baik). (Q.S. Thaha: 8)

dan manusia diperintahkan untuk menyebut Asma Allah dengan nama nama terbaik yang telah ditentukan.

Hal ini ditegaskan dalam Al-Quran. Allah SWT berfirman:

قُلِ ٱدۡعُواْ ٱللَّهَ أَوِ ٱدۡعُواْ ٱلرَّحۡمَٰنَۖ أَيّٗا مَّا تَدۡعُواْ فَلَهُ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰۚ وَلَا تَجۡهَرۡ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتۡ بِهَا وَٱبۡتَغِ بَيۡنَ ذَٰلِكَ سَبِيلٗا
artinya :Katakanlah:“Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu” (Q.S. Al-Isra)

Kemudian disaat kita sedang berdoa, sedang meminta kepada Allah, kita sebagai umat islam dianjurkan untuk menyebut Asma Allah sebagaimana firmannya dalam Al-Quran sebagai berikut :

وَلِلَّهِ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ فَٱدۡعُوهُ بِهَاۖ وَذَرُواْ ٱلَّذِينَ يُلۡحِدُونَ فِيٓ أَسۡمَٰٓئِهِۦۚ سَيُجۡزَوۡنَ مَا كَانُواْ يَعۡمَلُونَ
Artinya :
Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S. Al-A’raf: 180)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Al Malik

Ar Rohim

Ar Rahman